Advertisements

Teknologi Informasi

Teknologi Informasi
  • Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:11 mins read

TEKNOLOGI INFORMASI

Advertisements

Saat ini, teknologi informasi (Information Technology = IT) menembus secara virtual ke semua aspek bisnis modern, secara luas penggunaannya yang efektif dapat diartikan dengan mudah sebagai perbedaan antara sukses dan gagal. 1. MANFAAT  IT (gambar) 2. Memanfaatkan Kekuatan  IT – Menciptakan Sistem Yang  Efektif dan Memberikan Keunggulan – Transparan pada pengguna; pengguna tidak perlu tau bagaimana sistem bekerja, persyaratannya sederhana bahwa mereka dapat digunakan sesuai kebutuhan dan pada saat dibutuhkan. – Cepat dan mudah untuk digunakan; pengguna harus menemukan sistem yang sederhana untuk digunakan, dan harus mampu untuk menyelesaikan tugas dengan cepat tanpa harus menunggu waktu yang lama untuk sistem dapat merespon. – Fleksible; perubahan membutuhkan sistem dengan syarat mampu diadaptasikan dengan cepat – Fokus Pada Kebutuhan => Untuk membantu menciptakan keunggulan bersaing, sistem IT harus fokus pada kebutuhan bisnis sebenarnya. – Pengelolaan IT => Anggota dewan yang menguasai IT meyakini bahwa IT melayani kebutuhan bisnis strategis. Sebagai tambahan, setiap departemen mempunyai anggota yang menguasai IT atau staf yang mendukung IT secara efektif dan dihubungkan dengan departemen IT. 3. Menggunakan Internet Internet merupakan sebuah media proaktif dimana konsumen akan mencari informasi yang mereka inginkan disini. Saat ini hampir setiap orang telah mengikuti dunia cyber karena banyak organisasi didapatkan secara ­online setiap harinya. –          Mengembangkan Sebuah Situs

Hal-hal diperhatikan saat membangun situsManfaat Situs
1. Hindari dash dalam nama domain; hal tersebut membingungkan sebuah alamat situs. 2. Kunjungi situs pesaing dan kumpulkan ide-ide berguna untuk situs anda. 3. Membaca pada layar melelahkan mata, jadi pertahankan agar teks dapat terbaca. 4. Daftarkan dengan direktori Internet untuk meyakinkan situs anda terpublikasi. 5. Perbarui informasi dalam situs anda secara rutin. 6. Tentukan produk anda yang mana yang cocok untuk penjualan online. 7. Ciptakan sebuah nama domain yang mudah dieja dan diingat. 8. Rancang situs semenarik mungkin agar pengunjung kembali lagiSitus dapat digunakan untuk : 1.Publikasi interaktif; 2.Dukungan konsumen melalui email; 3.Meningkatkan hubungan dengan konsumen yang telah ada dan menarik klien baru; 4.Menghasilkan ketertarikan dan membangun kepedulian pada produk, jasa, atau organisasi anda; 5.Mengadakan penelitian pasar; 6.Menjual produk dan jasa online; 7.Menyediakan informasi dan ketersediaan produk yang terbaru.

–          Beriklan Di Dunia Cyber => Internet dapat dimanfaatkan untuk beriklan karena tidak mahal, terukur, interaktif, menyenangkan, dan dapat ditampilkan setiap waktu, siang dan malam. Menggunakannya untuk meraih pasar yang baru secara lokal, nasional, dan global.

Baca juga:  Kuliah Daring Melalui Sistem LMS UNIKOM
Point Untuk Diingat
1.Situs anda seharusnya didesain untuk mencerminkan gambaran kerjasama anda. 2.Sebuah situs seharusnya mudah dan cepat untuk mengarahkan. 3.Klien prospektif akan meninggalkan situs kita dan mengunjungi situs pesaing jika halaman situs didesain berbelit-belit dan membutuhkan waktu yang lama untuk mengunduh. 4.Buat kembali ke halaman utama hanya dengan sebuah klik. 5.Masukkan sebuah email penghubung untuk menuntun pengunjung berinteraksi dengan mudah. 6.Daftarkan dengan direktori untuk membantu publisitas. 7.Buat agar situs tetap menarik, terkini, dan relevanan.

–          Membuat Toko Virtual => E-commerce merupakan sebuah area pertumbuhan yang luas karena menyajikan sebuah cara penjualan yang cepat, keefisienan harga, “buka sepanjang waktu”. Pengaturan toko dalam situs merupakan suatu permulaan yang sangat berbeda dari kesederhanaan dalam sebuah situs. –          Meningkatkan Konsumen Virtual => Untuk meningkatkan konsumen Virtual dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut :  1.Memberikan konsumen kenyamanan dalam situs kita. 2.Menjelaskan cara pembayaran dengan kartu kredit secara aman.  3.Membuat perjanjian dengan konsumen atau pernyataan hak-hak untuk meningkatkan orang-orang yang berpikir bahwa merupakan hal yang aman untuk berbelanja secara online dari anda.  4.Menerangkan secara jelas mengenai aturan anda dalam pengembalian dana.  5.Mempublikasikan prosedur complain.  6.Memasukan alamat, telepon, dan nomor faksimili, dan sebuah kontak nama, sehingga bila diperlukan konsumen memiliki referensi lain untuk dihubungi.  7.Meyakinkan bahwa cerita-ceirta menakutkan mengenai penipuan dan peningkatan pesanan yang tidak dipenuhi tidak akan terjadi ditempat kita. –          Mengirim Email Pada Konsumen => Kontak email dengan konsumen merupakan prospek bagus yang akan memberikan keuntungan bagi anda. Email menyajikan cara mudah yang ekstrim untuk meningkatkan hubungan yang baik dengan konsumen. Hal-hal yang perlu dilakukan : 1.Lakukan perbaruan email, informasi, penawaran special, atau detail dari produk kita. 2.Kelola detail email konsumen terbaru. 3.Data daftar email terbaru dan temukan permintaan yang benar untuk mendapatkan kontaknya. 4.Buat penghindaran yang sederhana sehingga konsumen dapat bertanya untuk dihapus dari daftar email jika mereka menginginkannya.  5.Hindari pesan kotor atau pesan sampah, (dikenal sebagai “spam”). Email (atau spam) yang buruk, merupakan etika buruk dalam internet dan akan merusak reputasi anda. 4. Pemasaran Di Internet Internet telah menjadi alat bisnis yang sangat penting karena mempunyai kekuatan untuk meraih audiens yang luas dan memberi anda kemampuan untuk berbicara secara langsung pada seseorang. Mempelajari bagaimana memasarkan merk anda di internet telah sangat penting untuk diketahui. –          Memasang Merek di WEB => Apakah anda mempunyai kehadiran yang ril di dunia nyata atau hanya eksis semata-mata pada organisasi on-line, merek anda adalah asset yang paling berharga. –          Pemasaran Online => Marketing langsung bekerja dengan sangat baik secara on-line karena fasilitas internet kontak satu-satu. Kesetiaan konvensional dan kampanye retensi efektif dan penting untuk menjaga konsumen. –          Situs E-Commerce => Situs web anda adalah toko anda di depan internet dan designnya harus mencerminkan bahwa anda mempunyai sesuatu untuk dijual secara on-line. –          Membidik Audiens => Pastikan situs anda dirancang agar cepat dan mudah untuk digunakan pengunjung. Jika anda menjual produk dari situs, buatlah faktanya jelas untuk pengunjung, dan masukkan petunjuk yang jelas pada catalog penjualan anda pada setiap halaman. –          Kekuatan Pemasaran Internet => Menyampaikan sejumlah besar informasi, Menyediakan sebuah jalan pada pasar yang baru, Mampu meraih timbal balik yang langsung dari konsumen, Sejumlah “penyerang”, atau pengunjung, yang tertarik dapat diukur, Tersedia 24 jam – internet tidak pernah tidur. –          Kelemahan Pemasaran Internet => Penipuan menampilkan permasalahan-permasalahan bagi penjual dan pembeli, Pembelian secara online berfokus pada beberapa konsumen, Hacking dan virus merupakan sebuah ancaman yang akan selalu ada, Sangatlah tidak mungkin untuk mencari konsumen; mereka yang akan dataing pada anda, Tidak setiap orang online. 5. Electronic  Business E-bisnis tidaklah sama dengan e-commerce (electronic commerce); merupakan perluasan darinya. Secara krusial, e-bisnis menekankan kebutuhan untuk menyediakan efisiensi yang sama dan nilai terhadap konsumen lintas semua saluran penjualan, bukan hanya transaksi online via situs web. –          Bentuk Struktur E-Bisnis (gambar) –          Dunia bisnis terus menerus ditransformasi oleh teknologi informasi (IT) => Terkait dengan e-bisnis, hal-hal berikut perlu diperhatikan : 1.Lihat perubahan menjadi e-bisnis sebagai kebutuhan bukan sebagai pilihan. 2.Tantang asumsi bisnis anda yang sudah ada 3.Identifikasikan cara untuk menggunakan teknologi baru secara efektif 4.Belajar dalam merubah ketakutan untuk menggairahkan kesempatan baru 5.Ingatlah bahwa organisasi segala macam ukuran dapat menjual produk dengan biaya efektif dimanapun di dunia. –          Kontak Konsumen (gambar) –          Melihat Pesaing Baru Secara Serius => Jangan izinkan diri anda sendiri  untuk menjadi puas dengan ukuran organisasi anda. Dalam perubahan e-bisnis, pemain baru seringkali mempunyai keuntungan lebih besar, pesaing yang lebih fleksibel. POINT UNTUK DIINGAT 1.Pesaing baru seringkali mempunyai struktur yang lebih fleksibel dan mampu untuk mengadaptasikan dan efisien untuk merubah 2.Bisnis baru dapat merancang prosesnya dari pasar digital yang kacau ke pasar digital yang cocok 3.Penting untuk tetap menerima tantangan baru dan mau melangkah ke medan yang tidak anda ketahui. –          Kenali Peluang dan Ancaman => Seorang entrepreneur harus bisa melihat peluang dan ancaman yang mungkin dapat menghambat laju perkembangan bisnisnya 6. Tren Teknologi Informasi Teknologi telah menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia bahkan keberadaannya sangat mempengaruhi gaya hidup kita. –          Perpustakaan Digital (Super Digital Libraries)             Contoh trend yang sudah ada sekarang misalnya kursus MIT yang sudah dapat dilaksanakan secara online atau trend “Google Book Search”. Dengan era super digital library segala pertanyaan anda terhadap berbagai hal dapat terjawab secara cepat. –           Penyebaran Teknologi Internet Wireless             Teknologi WiMAX, 3G, 4G dan seterusnya akan mudah tersebar ke seluruh penjuru dunia hingga ke pelosok. Setiap orang bisa online dimana saja setiap saat. –          Mobile Robots      Mobil Robots tanpa awak dan tanpa remote control.       Ia dapat menjalankan tugas yang diberikan untuk       mengantarkan sesuatu hingga ke tujuan dengan       mengetahui peta jalan raya dan berbagai seluk beluknya. –          Location-Based Computing      Teknologi indera keenam. Segala sesuatu bisa anda         masukkan ke dalam dunia data sesuai keinginan pikiran       anda. Misalnya anda berimajinasi menggunakan telapak       tangan anda untuk telepon itu bisa dilakukan, atau        selembar kertas untuk browsing itu bisa dilakukan hanya       dengan seperangkat alat yang mampu       menghubungankan dunia dengan dunia data. –          Desktop 3-D Printing      Kedepan anda dapat membuat dan mendownload desain      3 dimensi dan langsung di print dengan teknologi      desktop 3D Printer. Langkah selanjutnya akan digunakan      untuk mendesain gadget anda sendiri. Desain mainan      anak anda, alat rumah tanggan dll. –          Webcasting Services      Teknologi ini memiliki kemampuan untuk menghadirkan      orang dalam bentuk virtual. Secara tidak langsung, orang       bisa hadir atau bertemu dalam satu kesempatan, misal       acara pernikahan –          GeoEstimator      Teknologi ini menggunakan satelit dan fotografi udara.         Mengapa? Sebab geoestimator digunakan untuk         mengukur kepadatan bangunan sebuah kota, dan      sebagainya. Geoestimator banyak digunakan oleh para      kontraktor, perusahaan asuransi, dan para estimator. –          Chat with Faceless Minions.      Merupakan teknologi chatting dengan ribuan orang di         belahan bumi manapun. Ini menjadi teknologi sosial      interaktif yang dinilai akan tren di 2010. –          Content Aggregator      Teknologi ini tidak seperti youtube yang bisa mempublish      dan menyebarkan video, tapi juga bisa mempublish foto,      dokumen, bahkan website kita. Teknologi ini jauh lebih      bersifat visual daripada teknologi sebelumnya. Ini bukan      hanya teknologi storage service, tetapi sosial interaktif.      Salah satu yang telah menerapkannya adalah Box.net. –          PokenZoo.       PokenZoo merupakan teknologi kartu bisnis. Bagi para         pebisnis atau pengguna dengan banyak relasi,       PokenZoo bisa menjadi pilihan teknologi ke depan.       Mengapa? Karena ini semacam bussiness card yang       dapat dibawa kemana saja. Dia adalah teknologi       bussiness card yang menggantikan kertas.

Baca juga:  Harga emas Antam merosot, ini potensi merugi pembeli sepekan lalu
0 Shares

Tinggalkan Balasan