Seorang Blogger Pemula? Wajib Tahu apa itu ads.txt

Untuk menghindari penipuan iklan, Lab Teknologi Interactive Advertising Bureau( IAB) memperkenalkan ads.txt pada Mei 2017. Tetapi, adopsi ads.txt bertambah kala Liane Nadeau, VP serta Director of Programmatic di DigitasLBi menulis pesan terbuka kepada seluruh penerbit membagikan ultimatum kalau bila penerbit tidak mulai memakai ads.txt, mereka mungkin kehilangan beberapa pengiklan.

Tanpa basa- basi lagi, ayo kita pahami ads.txt secara perinci.

Pengertian, fungsi, dan cara kerja ads.txt untuk blog

Apa itu Ads.txt
Gambar oleh: imamdeveloper.my.id

Apa itu Ads.txt?

Ads.txt adalah file teks yang tersedia untuk umum tempat penerbit mencantumkan mitra yang berwenang untuk menjual dan menjual kembali inventaris iklannya di situs web. Ini memungkinkan pengiklan untuk memeriksa validitas inventaris iklan yang mereka beli. Dalam surat terbuka tersebut, Liane Nadeau menjelaskan penipuan iklan dan ads.txt dengan metafora.

Ini dirancang untuk menghilangkan spoofing domain di mana penipu meyakinkan pengiklan untuk menjalankan iklan di situs web mereka dengan menampilkan diri mereka sebagai pemilik situs web premium. Namun kenyataannya, iklan ditayangkan di situs web berkualitas rendah dengan lalu lintas palsu. Berkat file ads.txt, penayang kini dapat membuktikan diri sebagai mitra yang sah.

Bagaimana cara kerja ads.txt?

Saat penerbit mengunggah file ads.txt ke domain, pengiklan/merek menggunakan perayap Ads.txt , skrip python, untuk merayapi daftar domain dan melihat penerbit mana yang memiliki file ads.txt. Setelah mereka memiliki domain dengan ads.txt, mereka dapat mereferensikan daftar ini untuk mencocokkan ID (ID Akun Penjual) dalam permintaan tawaran.

Jika ID tidak cocok, ini menyiratkan bahwa inventaris tidak berasal dari domain resmi. Akibatnya, mereka berhenti menawar inventaris domain tertentu.

Bagaimana cara membuat Ads.txt?

Ada sintaks yang direkomendasikan oleh IAB untuk mencantumkan mitra dan Anda harus membuat file ads.txt dengan memasukkan setiap mitra ke dalam sintaks. Pada akhirnya, Anda akan mendapatkan daftar mitra yang diwakili dengan cara yang ditentukan. Berikut cara membuat file ads.txt .

*Ads.txt dapat dilihat oleh siapa saja. Anda dapat memeriksa dengan mengetikkan nama domain root diikuti dengan “/ads.txt”. Misalnya, berikut adalah contoh file ads.txt Blog ini (bisa dicek di www.imamdeveloper.my.id/ads.txt ).

Bagaimana cara menerapkan ads.txt?

Yang harus Anda lakukan adalah meletakkan file teks di server web Anda dengan daftar mitra teknologi iklan (SSP, Ad Exchange, dll.) yang berwenang untuk menjual inventaris iklan Anda. Demikian pula, platform teknologi iklan harus mendukung file ads.txt untuk mengonfirmasi inventaris penerbit mana yang diizinkan untuk mereka jual. Ini memungkinkan pembeli untuk memeriksa validitas inventaris yang mereka beli.

Apakah Ads.txt Wajib?

Sesuai google, Ads.txt tidak wajib. Tapi sangat disarankan untuk memilikinya. Memiliki ads.txt dapat membantu melindungi merek Anda dari inventaris palsu yang sengaja disalahartikan sebagai berasal dari domain, aplikasi, atau video tertentu. Mendeklarasikan sebagai penjual resmi dapat membantu Anda menerima pembelanjaan pengiklan tanpa menggunakan inventaris palsu.

Bagaimana cara memvalidasi Ads.txt?

Untuk Anda memvalidasi file ads.txt Anda. Anda cukup memasukkan domain atau mengupload file ads.txt yang telah Anda buat untuk memvalidasi.

Tingkat adopsi Ads.txt

Hanya dalam waktu singkat, ads.txt telah menjadi standar tak terbantahkan untuk penerbit digital di seluruh dunia. Menurut Kevel (sebelumnya dikenal sebagai AdZerk), lebih dari 93% penerbit AS telah mengadopsi ads.txt.

Perbedaan antara Ads.txt dan Ads.cert

Ads.txt adalah hal yang baik dan secara teori, cara pertukaran iklan dan SSP yang menjual inventaris iklan seharusnya berfungsi. Namun itu belum menjadi solusi yang sepenuhnya efektif untuk industri. Penipu dan pihak ketiga yang curang masih bisa menipu pengiklan dengan memanipulasi iklan dan konten di situs web penerbit. Misalnya, penipu dapat menyalin ID penjual dari situs web penerbitan yang sah, dan menggunakan ID yang sama di situs web palsu.

Di sinilah ads.cert masuk. Jadi, apa itu, dan apa bedanya dengan ads.txt? Ads.cert adalah versi ads.txt yang ditingkatkan yang memungkinkan pengiklan dan perusahaan teknologi iklan memverifikasi jalur pasokan di setiap tahap dan memastikan detail inventaris tidak dimanipulasi/diubah.

Ini menandatangani permintaan tawaran secara kriptografis dan memvalidasi data seperti domain penerbit, perangkat pengguna, alamat IP pengguna, jenis tayangan iklan, dan banyak lagi. Karena permintaan tawaran ditandatangani secara kriptografis, pengiklan menggunakan 'kunci publik' untuk mengonfirmasi apakah inventaris iklan itu sah atau tidak.

Ads.txt bertujuan untuk membantu penayang memerangi penipuan dengan mengatur cara penayang dan pengecer mengiklankan dan menjual inventaris mereka. Menjadi jelas dalam beberapa bulan terakhir bahwa inisiatif tersebut telah mendapatkan daya tarik di seluruh industri.

Penutup

Sekian artikel kali ini, jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share ke akun sosial media kamu agar teman-teman yang lain tahu. Sampai jumpa di artikel lainnya!


Previous Post
TIDAK ADA KOMENTAR
POSTING KOMENTAR
comment url
Pasang Iklan di imam developer