Cara Membuat Iklan Sticky untuk Mobile dan Desktop


Apa itu Sticky Ads atau Iklan Jangkar?

Iklan sticky/sticky ads/iklan melayang adalah salah satu format iklan yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan penghasilan AdSense Anda. 

Biasanya iklan ini menempel di bagian samping layar, bawah layar, atau di bagian atas layar. Jika Anda menggunakan iklan otomatis pada AdSense, untuk mengaktifkan iklan sticky sebenarnya bisa dengan mengaktifkan iklan anchor. Hanya saja iklan anchor berlaku untuk mobile saja dan cenderung tampil di bagian atas layar.

Untuk membuat iklan sticky pada desktop/komputer maka Anda memperlukan kode tambahan dalam membuatnya karena AdSense sendiri belum mendukung iklan sticky untuk desktop. 

Hanya saja ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memasang iklan sticky ini. 

Tips dalam memasang iklan sticky/iklan melayang di blog:

  • Pastikan bahwa iklan terlihat seperti iklan, tidak dimanipulasi atau diedit sedemikian rupa sehingga menyebabkan klik tidak disengaja.
  • Jangan sampai iklan sticky menutupi konten atau menutupi iklan sticky lainnya. Disarankan untuk menggunakan satu iklan sticky saja pada blog.
  • Pastikan Anda juga memperhatikan apakah template blog Anda cocok dipasang iklan sticky atau tidak.
  • Iklan sticky hanya boleh dipasang di tepi layar saja.

Setelah mengetahui hal yang harus Anda patuhi dalam memasangnya, iklan sticky juga terbukti dapat meningkatkan CTR (Click Through Rate) atau Rasio Klik Tayang meningkat dikarenakan memiliki keterlihatan/view ability yang tinggi. 

Jika iklan yang ditampilkan relevan dengan pengguna maka iklan sticky ini biasanya mendapatkan rata-rata klik terbanyak dan otomatis penghasilan pun bertambah.

Sebelumnya pihak Google AdSense melarang iklan jenis ini karena menganggu pembaca dan banyaknya klik yang tidak sengaja. 

Namun setelah diteliti ulang, ternyata iklan jenis ini bisa menjadi penyumbang penghasilan terbesar bagi para publisher. Oleh karena itu, pihak AdSense memperbolehkan iklan sticky ini untuk kembali digunakan.

Dalam proses pemasangan ada yang mengharuskan unit iklan berukuran tetap dan ada juga yang berpendapat harus menggunakan unit iklan responsif. Dinatara kedua pendapat tersebut sama saja, namun saya lebih setuju kepada pendapat kedua. 

Alasannya karena fitur AdSense ini sudah sangat pintar sehingga iklan yang ditampilkan dapat menyesuaikan tata letak template. Selain itu iklan responsif lebih fleksibel daripada iklan berukuran tetap.

Cara Membuat Iklan Sticky di Bawah Layar Blog dijamin work!

1. Untuk Desktop

Kita mulai untuk desktop terlebih dahulu. Seperti yang Anda lihat, iklan akan muncul di tepi bawah layar seperti yang terpasang pada situs ini. Adapun jika Anda ingin menghilangkan iklan tersebut Anda cukup mengklik tanda panah atau tanda silang saja. 

Hal ini bertujuan agar pembaca yang merasa terganggu dengan adanya iklan sticky ini bisa langsung menutupnya.
Berikut adalah cara memasang iklan sticky untuk desktop:

  • Masuk ke dasbor Blogger Anda.
  • Pilih Tema dan Edit HTML.
  • Setelah masuk ke code editor, Anda tekan CTRL + F kemudian ketikkan cari kode </body>.
  • Silakan masukkan kode berikut tepat di atas kode </body> tadi.

  • Ketika kode sudah dimasukkan, jangan dulu disimpan! Silakan Anda ganti tulisan berwarna kuning di atas sesuai dengan petunjuk. ID Google AdSense biasanya diawali dengan tulisan ca-pubxxxx adapun untuk ID unit iklan adalah kode slot iklan yang ingin Anda pasang.

Jika sudah benar silakan Anda simpan template-nya dan lihat apakah hasilnya bekerja.

Catatan: Anda bisa menggunakan unit iklan responsif agar iklan dapat menyesuaikan bentuknya. Namun, apabila Anda ingin iklan tetap silakan atur lebarnya menjadi 728 dan tinggi menjadi 90 (728×90).

2. Untuk Mobile

Yang kedua Anda bisa mengaktifkannya juga pada perangkat mobile/smartphone. Namun kode di atas hanya diperuntukan untuk desktop saja dan tidak akan muncul di perangkat mobile. Oleh karena itu, Anda perlu menambahkan beberapa kode lagi untuk ini.

Pada mobile pun sama, iklan akan tampil di bagian bawah layar dan tidak akan berpindah tempat. Tidak seperti iklan anchor yang bisa berpindah tempat atau cenderung tampil di bagian atas saja.

Berikut adalah cara membuat iklan sticky blog di bawah layar mobile/smartphone:

  • Silakan masuk ke dasbor blogger lagi dan edit tema blog.
  • Cari kode </head>.
  • Letakan kode berikut tepat di atas kode yang disebutkan.

  • Sekarang letakan kode di bawah ini tepat di atas kode </body>.

  • Simpan tema dan seharusnya iklan sticky berhasil dipasang.

Catatan: Untuk unit iklan, Anda bisa menggunakan unit iklan yang sama seperti yang diterapkan pada desktop di atas jika unit iklannya responsif. Jika iklan desktop berukuran tetap maka Anda perlu membuat unit iklan baru untuk perangkat mobile dengan ukuran 320×50. Pastikan kode unit iklan yang dimasukkan adalah unit iklan display bukan in-article, in-feed, dsb.

Referensi:
www.kacateknologi.com/cara-membuat-iklan-sticky/

Penutup

Sekian artikel kali ini, jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share ke akun sosial media kamu agar teman-teman yang lain tahu. Sampai jumpa di artikel lainnya!


Next Post Previous Post
TIDAK ADA KOMENTAR
POSTING KOMENTAR
comment url
Pasang Iklan di imam developer