Cara Meningkatkan Kecepatan Blog

Hallo selamat datang di Imam DevBlogs. Pada Artikel yang anda baca kali ini berjudul Cara Meningkatkan Kecepatan Blog, telah dipersiapkan dengan baik agar Anda dapat membaca dan menerima informasi yang terdapat pada artikel ini. mudah-mudahan konten Artikel Tutorial, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Oke, selamat membaca.
Cara Meningkatkan Kecepatan Blog
Gambar oleh: imamdeveloper.my.id

Performa adalah kunci dari website yang sukses. Dan sejak WordPress kini menjadi CMS blog yang sangatlah populer, banyak orang yang kini menggunakannya. 

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa memaksimalkan performa loading dari website WordPress anda.

9 Tips Cara Meningkatkan Kecepatan Blog

1. Upgrade WordPress hingga seri terbaru yang stabil

2. Menghilangkan Plugin yang tidak perlu dan mengupdatenya

Menghapus plugin yang tidak digunakan. Deactivate dan delete dari web server anda. Mendeaktivasikan Plugin bisa berpengaruh pada kecepatan sebuah website karena WordPress selalu men-cek apakah plugin tersebut diaktivkan atau tidak. Anda juga harus tetap up to date dengan versi terbaru plugin yang anda gunakan. Pihak pengembang mengeluarkan versi baru karena mereka telah memodifikasi kode tersebut dan beberapa cara untuk menjadikannya menjadi lebih baik.

3. Meminimalkan PHP dan Queries Database

Saya membaca tips ini dari Wpcandy’s simple ways to speed up WordPress . Cukup masuk akal, mengurangi jumlah PHP dan Queries Database. Tiap kali halaman anda di buka, maka browser hanya perlu mengeksekusi sedikit saja queries PHP. Jika anda merubah PHP anda menjadi HTML, maka tiap kali website anda dibuka, browser hanya perlu membuka HTML anda saja.

4. Optimisasikan dan perbaiki Database anda dari phpmyadmin

Setiap minggu atau lebih anda harus login dalam myPhpAdmin anda dan mengoptimalkan db anda. Cari database WordPress anda, check semua tabel yang anda, dan pilih Optimize Tables Option dan Perbaiki. Anda akan terkejut bahwa trik ini akan berhasil dan menyimpan lebih dari 10% dari besar database anda.

5. Gunakan Layanan Hosting yang Stabil

Coba pindahkan gambar, CSS, JavaScript dan file statis lainnya ke Amazon S3 Storage service dan anda akan menyadari bahwa average CPU Load / memory requirement web server anda akan berkurang banyak!

Anda juga bisa mencoba plugin WordPress ini WordPress plugin, WP-Offload akan meningkatkan performa blog anda dengan meng offloading-kan konten statis seperti gambar, dokument, dan film. Ini akan mengurangi bandwidth yang digunakan dan jumlah request HTTP web server anda. Fitur tambahan seperti manipulasi gambar secara remote dan generator thumbnail juga disediakan.

6. Optimisasi Gambar dengan Tool ini

Shrink O’Matic adalah aplikasi AIR yang bisa dengan mudah me-resize gambar. Tool ini bisa menghandle JPG, GIF, dan PNG. Cukup drag dan drop gambar didalam aplikasi ini dan gambar tersebut bisa di resize sesuai yang anda inginkan!

7. Install WP Super Cache Plugin

Mungkin banyak dari anda semua tau tentang fungsi plugin ini. Plugin ini membuat file html statis dari php WordPress anda. Setelah file html tergenerasi webserver anda akan menggunakan file tersebut daripada harus memproses skrip PHP dari WordPress itu sendiri dan sebenernya tidak me load semua konten dari database sehingga akses kedalam blog anda akan lebih cepat dan mengurangi beban kinerja dari web server yang anda miliki.

8. PHP Speedy WP

PHP Speedy WP bisa dengan mudah meningkatkan kinerja dari website WordPress anda dan meningkatkan response waktu dari blog anda dengan mengkombinasikan semua JS dan CSS menjadi hanya dua files – dimana hal tersebut bisa mengurangi page loading times. Background Gambar CSS akan secara otomatis di konversika menjadi data URL. Hal ini sangatlah berguna dalam mengurangi request HTTP. Dan yang lebih penting lagi, membuatnya menjadi lebih kompatibel dengan Internet Explorer, meskipun tdak mendukung support data URL. Sayangnya, PHP speedy memiliki beberapa bugs yang perlu ntuk diperbaiki: Mengkombinasikan JavaScript dan menempatkannya berada di awal halaman daripada diakhir halaman, sehingga membuatnya tidak bekerja dengan WP Super cache. Supaya anda bisa menggunakan kedua plugin tersebut, anda bisa melihat artikel hebat oleh Prevolac untuk membuat beberapa perubahan untuk kedua plugin tersebut.

9. DB Cache

Plugin ini akan menyimpan query database anda dalam jangka waktu tertentu. Ini sangatlah cepat dan hanya memakan sediki space web server untuk caching.


Demikianlah Artikel Cara Meningkatkan Kecepatan Blog

Sekian artikel Cara Meningkatkan Kecepatan Blog kali ini, semoga bermanfaat untuk semuanya. Oke, sampai jumpa di artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Meningkatkan Kecepatan Blog dengan alamat link https://www.imamdeveloper.my.id/2021/09/cara-meningkatkan-kecepatan-blog.html
Next Post Previous Post
TIDAK ADA KOMENTAR
POSTING KOMENTAR
comment url
close
Subscribe