Cara Membuat Aplikasi CRUD dengan PHP dan MySQL

Hallo selamat datang di Imam DevBlogs. Pada Artikel yang anda baca kali ini berjudul Cara Membuat Aplikasi CRUD dengan PHP dan MySQL, telah dipersiapkan dengan baik agar Anda dapat membaca dan menerima informasi yang terdapat pada artikel ini. mudah-mudahan konten Artikel Tutorial, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Oke, selamat membaca.
Cara Membuat Aplikasi CRUD dengan PHP dan MySQL
Gambar oleh: imamdeveloper.my.id


Aplikasi CRUD PHP dan MySQL menjadi bagian penting di dalam proses pengembangan website. Aplikasi CRUD ini menjadi inti dari seluruh proses pengelolaan data pada sebuah website. Maka dari itu, aplikasi CRUD menjadi sangat penting untuk dipelajari sebelum Anda membuat website yang andal.

Supaya Anda lebih mudah untuk memahami CRUD, pada artikel ini kami akan mencoba mengulas cara Membuat Aplikasi CRUD Sederhana dengan PHP dan MySQL. Harapannya setelah membaca artikel ini Anda bisa membuat CRUD dengan PHP dan MySQL dengan cepat. Yuk simak ulasannya!

Apa itu Aplikasi CRUD?

Pengertian CRUD adalah singkatan dari Create, Read, Update, dan Delete. Proses ini sangat berkaitan dengan pengambilan atau transaksi data dari atau ke database. Hal ini menjadi krusial apabila berhubungan dengan sistem informasi perusahaan karena data yang diproses biasanya merupakan data transaksi.

Bagi PHP Developer, Aplikasi CRUD biasanya menjadi pillar untuk mempelajari proses pengelolaan data menggunakan PHP dan tentu saja MySQL database. Nah CRUD ini bisa diibaratkan sebagai jalur atau koneksi yang menghubungkan antara bahasa pemrograman PHP dengan MySQL.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian Aplikasi CRUD beserta sedikit contohnya:

1. Create (C) 

merupakan proses pembuatan data baru. Proses ini biasanya dilakukan ketika Anda mendaftar pada sebuah halaman website. Data yang Anda masukkan akan disimpan di dalam database menggunakan operasi Create.

2. Read (R) 

merupakan proses pengambilan data dari database. Proses ini biasanya terjadi ketika Anda ingin melakukan proses login di halaman website tertentu. Saat Anda klik “Login” maka website akan menjalankan proses “Read” untuk melakukan verifikasi akun yang Anda gunakan.

Contoh Aplikasi yang lebih sederhana yaitu ketika Anda mengakses sebuah halaman website, saat itu pula proses Read berjalan. Hasil dari operasi ini adalah tampilan halaman website yang Anda lihat di browser.

3. Update (U) 

adalah proses mengubah data yang berada di dalam database. Contoh proses ini ketika Anda mengubah profil di dalam akun sosial media. Saat Anda klik “Ubah”,  website akan mengirimkan proses Update ke dalam database. Kemudian database meresponnya dengan mengubah data lama menjadi data baru yang Anda tambahkan melalui halaman profil.

4. Delete (D) 

adalah proses untuk menghapus data yang ada di database. Proses ini mirip dengan Update, bedanya, proses Delete akan mengubah data yang ada di database menjadi ‘tidak ada’.

Itulah gambaran kecil penggunaan CRUD di website.

Supaya lebih mudah memahami, di bawah ini merupakan contoh penggunaan CRUD dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL databases.

Cara Membuat Aplikasi CRUD Sederhana Dengan PHP Dan MYSQL

Developer web sering menggunakan PHP dan MySQL sebagai komponen utamanya. Bahasa pemrograman PHP memproses berbagai fungsi untuk menjalankan Aplikasi CRUD. Sedangkan MySQL bertugas untuk menyimpan database dari website.

MySQL sebenarnya tidak hanya bisa diakses menggunakan PHP saja, bahasa pemrograman lain seperti Python, JavaScript, dan sejenisnya juga bisa untuk mengakses MySQL.

Sedangkan PHP juga bisa menggunakan server database lain seperti PostgreSQL, MongoDB, dan sejenisnya.

Pada contoh ini kami menggunakan PHP dan MySQL karena lebih sederhana dan mudah untuk dipahami.

Namun pada tutorial ini kami akan mempersingkat waktu agar lebih efisien dengan cara Anda melihat secara langsung melalui video kami dari Youtube channel imam developer yang sudah dilengkapi dengan penjelasannya agar dipahami.

Ohiya agar Anda mengikuti tutorialnya kami akan langsung share Aplikasi CRUDnya dengan cara download dibawah ini, jangan lupa masukan password extractnya ya!

Link download aplikasi crud : https://bit.ly/3u7gVo5

Silahkan download password extract : https://bit.ly/3kCaA12


Demikianlah Artikel Cara Membuat Aplikasi CRUD dengan PHP dan MySQL

Sekian artikel Cara Membuat Aplikasi CRUD dengan PHP dan MySQL kali ini, semoga bermanfaat untuk semuanya. Oke, sampai jumpa di artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Aplikasi CRUD dengan PHP dan MySQL dengan alamat link https://www.imamdeveloper.my.id/2021/09/cara-membuat-aplikasi-crud-dengan-php.html
Next Post Previous Post
TIDAK ADA KOMENTAR
POSTING KOMENTAR
comment url
close
Subscribe