Pengertian Keunggulan Dan Kekurangan Bahasa Python

Hallo selamat datang di Imam DevBlogs. Pada Artikel yang anda baca kali ini berjudul Pengertian Keunggulan Dan Kekurangan Bahasa Python, telah dipersiapkan dengan baik agar Anda dapat membaca dan menerima informasi yang terdapat pada artikel ini. mudah-mudahan konten Artikel Komputer, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Oke, selamat membaca.

Pengertian Keunggulan Dan Kekurangan Bahasa Python
Gambar oleh: imamdeveloper.my.id

Bahasa pemrograman Python adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Guido van Rossum dari Amsterdam, Belanda. Pada awalnya, motivasi pembuatan bahasa pemrograman ini adalah untuk bahasa skrip tingkat tinggi pada sistem operasi terdistribusi Amoeba.

Bahasa pemrograman ini menjadi umum digunakan untuk kalangan engineer seluruh dunia dalam pembuatan perangkat lunaknya, bahkan beberapa perusahaan seperti Google, NASA, Instagram, YouTube, dan Spotify menggunakan Python sebagai pembuat perangkat lunak komersial. Python banyak digunakan untuk membuat berbagai macam program, seperti program CLI, Program GUI (desktop), Aplikasi Mobile, Web, loT, Game, Program untuk Hacking, dan sebagainya.

Meskipun tidak sepopuler bahasa pemrograman C atau Java, kelebihan bahasa pemrograman Phyton dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam memilih bahasa pemrograman yang akan dipelajari. Bahasa Phyton merupakan salah satu bahasa pemrograman yang menjadi bahasa pemrograman resmi yang digunakan oleh perusahaan Google.

Python memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya terutama dalam hal penanganan modul, ini yang membuat beberapa programmer menyukai Python. Selain itu, Python merupakan salah satu produk yang bersifat open source, free, dan multiplatform.

Adapun alasan saya pribadi mempelajari Python adalah sebagai berikut:

1. Gampang dan mudah dipelajari. Perintahnya yang cukup singkat dan gampang dimengerti dibandingkan Visual Basic Net.

2. Freeware dan Open source. Jadi, jika kita membuat aplikasi

menggunakan Python tidak perlu khawatir masalah lisensi.

3. Pemrogramannya cukup powerfull. Kita dapat membuat aplikasi desktop, network hingga website. Bahkan dapat membuat aplikasi untuk hacking. Python terkenal karena dapat membuat aplikasi hacking.

4. Portable dan dapat digunakan di berbagai sistem operasi, baik Windows, Linux, ataupun Macintosh.

5. Python mempunyai dukungan komunitas yang aktif sehingga para developer dapat dengan mudah bertanya mengenai permasalahan yang dialami, selain itu Python juga menyediakan banyak framework dan library yang dapat diunduh secara gratis.

6. Dapat digabungkan dengan bahasa pemrograman lain, seperti Visual Basic Net. Aplikasi Visual Basic Net dapat membuat script Python untuk dijalankan secara otomatis.


1. Keunggulan Bahasa Python

Adapun keunggulan bahasa pemrograman Python sebagai berikut:

1. Python adalah bahasa pemrograman yang populer September 2018, Python berada di urutan ke-3 bahasa program yang paling populer di dunia.

2. Python relatif lebih mudah dipelajari dan digunakan dibandingkan bahasa pemrograman lain. Sintaksnya sederhana, mudah dibaca, dan diingat karena filosofi Python sendiri menekankan pada aspek kemudahan dibaca (readability). Kode Python mudah ditulis dan mudah dibaca, sehingga lebih mudah diperbaiki kalau ada kesalahan, dan juga mudah untuk dipelihara.

3. Python merupakan bahasa multifungsi. Dengan Python, Anda mudah mengembangkan sebuah produk, baik itu web, software, aplikasi web, maupun computer game , robotika, processing , sampai dengan kecerdasan buatan. Anda juga bisa membuat aplikasi berbasis desktop maupun berbasis smartphone.

4. Penulisan kode lebih efisien dibandingkan bahasa lain seperti C, C++, maupun Java. Untuk melakukan sesuatu dengan 5 baris kode pada bahasa lain, bisa jadi di Python hanya diperlukan 1 baris kode. Hal ini menyebabkan pembuatan program dalam Python menjadi lebih ringkas dan lebih cepat dibandingkan bahasa lain.

5. Python kaya akan dukungan library (pustaka) standar. Tersedia banyak sekali modul-modul dan ekstensi program yang sudah siap dipakai untuk membuat program sesuai kebutuhan.

6. Python bisa berinteraksi dengan bahasa lain. Kode Python bisa memanggil bahasa C, C++, dan sebaliknya, juga bisa dipanggil dari bahasa lain.

7. Python yang mendukung ekosistem Internet of Things dengan sangat baik. Banyak sistem yang mengusung Internet of Things menggunakan bahasa ini. Terdapat berbagai macam board yang digunakan menjalankan sistem Internet of Things menggunakan bahasa pemrograman ini sebagai basisnya, termasuk dalamnya adalah Raspberry Pi.


2. Kekurangan Bahasa Python

Adapun kekurangan Python adalah sebagai berikut:

1. Beberapa penugasan terdapat di luar jangkauan kemampuan Python. Seperti bahasa pemrograman dinamis lainnya, Python tidak secepat atau efisien sebagai statis, tidak seperti bahasa pemrograman C.
2. Python cukup buruk untuk pengembangan platform mobile (Android/10S).
3. Python merupakan interpreter sehingga bukan perangkat bantu terbaik untuk pengantar komponen kinerja kritis. Jadi, Python bukan pilihan yang baik untuk tugas-tugas intensif memori.
4. Hampir mustahil untuk membuat game 3D grafis tinggi menggunakan Python.
5. Memiliki keterbatasan dengan akses basis data.
6. Python tidak dapat digunakan sebagai dasar bahasa pemrograman implementasi untuk beberapa komponen, tetapi dapat bekerja dengan baik sebagai bagian depan script interface.
7. Python memberikan tingkat efisiensi dan flexibility trade off by dengan tidak memberikannya secara menyeluruh.


3. Area penggunaan aplikasi Python

Aplikasi bahasa pemrograman Python antara lain untuk melakukan hal-hal sebagai berikut ini:

1. Perangkat bantu shell.
2. Tugas-tugas sistem administrator, program bans perintah.
3. Kerja bahasa extension.
4. Sebagai interface untuk library C/C++.
5. Pembuatan prototype secara cepat, pembuatan sistem aplikasi.
6. Sebagai prototype yang dapat dibuang atau sesuai dengan permintaan.
7. Modul berdasarkan bahasa pemrograman.
8. Pengganti dari penulisan parser khusus.
9. Penggunaan GUI API sederhana dan canggih.
10. Pengaksesan database.
11. Pemrograman secara terdistribusi.
12. Penggunaan API mekanisme client-server yang terintegrasi.
13. Untuk script internet CGI, antarmuka HTTP, Applet, dan lain sebagainya.


Demikianlah Artikel Pengertian Keunggulan Dan Kekurangan Bahasa Python

Sekian artikel Pengertian Keunggulan Dan Kekurangan Bahasa Python kali ini, semoga bermanfaat untuk semuanya. Oke, sampai jumpa di artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Keunggulan Dan Kekurangan Bahasa Python dengan alamat link https://www.imamdeveloper.my.id/2021/08/pengertian-keunggulan-kekurangan-bahasa-python.html
Next Post Previous Post
TIDAK ADA KOMENTAR
POSTING KOMENTAR
comment url
close
Subscribe