Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama WFH

Hallo selamat datang di Imam DevBlogs. Pada Artikel yang anda baca kali ini berjudul Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama WFH, telah dipersiapkan dengan baik agar Anda dapat membaca dan menerima informasi yang terdapat pada artikel ini. mudah-mudahan konten Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Oke, selamat membaca.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama WFH
Gambar oleh : imamdeveloper.my.id

Sejak pandemi tahun lalu, hampir semua aktivitas dilakukan dari rumah atau yang disebut juga work from home (WFH) begitupun kegiatan belajar dan mengajar serta kerja yang dilakukan secara daring. 

Namun, kondisi ini membuat waktu menatap layar akan lebih lama di bandingkan sebelumnya. Kondisi ini pun memicu masalah pada kesehatan mata. Mata kering pedih, hingga gatal, sampai sakit kepala di sekitar mata, hingga mata kemerahan jadi sederet masalah yang bisa timbul. Agar mata tetap sehat meski bekerja dan belajar dari rumah, ikuti beberapa tips berikut ini :

6 Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Selama Pandemi

1. Ambil jeda

Kerja dalam jangka waktu yang lama dan panjang bisa mengakibatkan rasa sakit di mata, leher pegal, dan pundak terasa kaku. Sebetulnya ambil jeda sejenak secara berkala istirahat sejenak selama 3-5 menit bisa membantu membuat mata rilex dan mengurangi rasa tidak nyaman. Kiranya menggangu produktivitas, cara ini justru akan membantu kamu untuk tetap fokus.

2. Sesuaikan pencahayaan

Pencahayaan dikantor pada umumnya telah diatur sesuai kebutuhan karyawan. Sedangkan jika dirumah hanya menggunakan pencahayaan seadanya. Cahaya yang berlebihan atau terlalu terang bisa membuat mata cepat kering dan pedih sampai menimbulkan rasa sakit. Hal yang sama juga berlaku bagi cahaya yang terlalu meredup, sehingga disesuaikan pencahayaan yang membuat mata nyaman saat didepan layar monitor komputer atau laptop.

3. Posisi layar komputer/laptop

Tak bisa dipungkiri, jika kerja dari rumah membuat Anda bebas bekerja di manapun termasuk di kursi sofa bahkan di kasur. Namun demi mencegah masalah/penyakit pada mata sebaiknya tempatkan komputer/laptop sampai 30 derajat dibawah garis lurus mata. Trik ini terbukti akan menurunkan tekanan pada mata juga mencegah leher pegal dan pundak kaku saat di posisi membungkuk dalam waktu jangka yang lama.

4. Filter layar komputer/laptop

Gunakan filter cahaya pada layar laptop/komputer Anda untuk membantu mengatur intesitas cahaya ketika cahaya monitor layar kurang sesuai mata jadi tak nyaman saat berlama-lama didepan layar.

5. Seringlah berkedip

Tanpa disadari bahwa orang jarang berkedip saat harus menatap layar, membaca, atau mengetik. Disarankan untuk sering berkedip untuk melembabkan mata dan mengurangi mata kering. Pada umumnya satu dari tiga orang lupa berkedip dan fokus saat bekerja. Akibatnya mata gatal, mata kering dan mengganggu penglihatan mata Anda. Kedipan mata setidaknya 15-20 kali dalam 1 menit.

6. Olahraga mata

Olahraga mata sebaiknya dilakukan agar otot-otot mata menjadi kuat dan agar mencegah kemungkinan penyakit pada mata seperti miopi dan astigmatisma. Anda cukup menjauhkan mata terlebih dahulu dari layar monitor setiap 25 menit sekali. Saat menjauh fokuskan mata pada objek sejauh 6 meter selama 15 detik. Hal ini akan membuat mata Anda jadi lebih fresh dan rilex dan juga mencegah mata cepat lelah.

Itulah beberapa tips agar mata Anda tetap terjaga dan sehat selama bekerja dari rumah (WFH) semoga bermanfaat:)


Demikianlah Artikel Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama WFH

Sekian artikel Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama WFH kali ini, semoga bermanfaat untuk semuanya. Oke, sampai jumpa di artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama WFH dengan alamat link https://www.imamdeveloper.my.id/2021/08/menjaga-kesehatan-mata-di-era-pandemi.html
Next Post Previous Post
TIDAK ADA KOMENTAR
POSTING KOMENTAR
comment url
close
Subscribe