6+ Manfaat Teh Hijau Dan Cara Konsumsi Bagi Kesehatan

Hallo selamat datang di Imam DevBlogs. Pada Artikel yang anda baca kali ini berjudul 6+ Manfaat Teh Hijau Dan Cara Konsumsi Bagi Kesehatan, telah dipersiapkan dengan baik agar Anda dapat membaca dan menerima informasi yang terdapat pada artikel ini. mudah-mudahan konten Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Oke, selamat membaca.
6+ Manfaat Teh Hijau Dan Aturan Penggunaannya Untuk Kesehatan
Gambar oleh : imamdeveloper.my.id

Para ilmuwan yang ada di Universitas Tufts University mengamati “ORAC” Oxygen Radical Absorbance Capacity pada teh hijau. Hasilnya menunjukkan bahwa teh hijau memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan makanan yang lainnya.


Teh hijau mengandung senyawa yang bertindak sebagai antioksidan bernama Catechin. Catechin yang terkandung dalam teh hijau mampu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Lalu kira-kira apa saja ya manfaat teh hijau bagi kesehatan ?

6 Manfaat Minum Teh Hijau Bagi Kesehatan

1. Melindungi sel tubuh dari kerusakan

Teh hijau mempunyai kadar antioksidan tinggi jika dibandingkan dengan jenis makanan yang lainnya. Mengonsumsi teh hijau akan membantu terbukti juga,melindungi sel dan DNA tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Secara tidak langsung, antioksidan pada teh hijau mencegah risiko penyakit kronis, bahkan menghambat pertumbuhan sel kanker.

2. Menjaga kesehatan jantung

Teh hijau telah terbukti ampuh mampu melancarkan peredaran darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, juga senyawa aktif pada teh hijau pun bisa juga meningkatkan kadar kolesterol baik. Temuan di Jepang pun menunjukkan adanya penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung (dalam 11 tahun ke depan) pada orang yang mengonsumsi 6 gelas, atau secara berlebih. Penurunan ini mencapai 2696 jika dibandingkan dengan yang hanya meminum segelas per harinya.

3. Melindungi otak dan sistem saraf

Sama seperti jantung, otak pun memerlukan asupan darah yang lancar serta oksigen supaya bisa bekerja optimal dan sehat. Teh hijau juga ternyata mampu mencegah kolesterol atau penyempitan pembuluh darah, yang akhirnya bisa memperlancar peredaran darah ke otak. Berdasarkan penelitian di Swis, mengkonsumsi teh hijau juga dapat meningkatkan kerja bagian otak yang mengatur daya ingat. Selain itu, teh hijau pun dikatakan bisa menghambat pembentukan plak yang dikaitkan dengan penyakit Alzheimer.

4. Mengontrol kadar gula darah

Berkat senyawa catechin yang di dalam kandungannya, teh hijau diduga dapat mengontrol gula darah penderita diabetes. Karena kelebihannya menurunkan kolesterol dan tekanan darah, teh hijau juga bisa mencegah kerusakan akibat makanan berlemak. Suatu penelitian menemukan bahwa seseorang yang minum setidaknya 6 gelas teh hijau setiap hari berisiko lebih rendah untuk mengalami diabetes tipe 2.

5. Membantu mengurangi risiko kanker

Terdapat penelitian yang menyimpulkan bahwa teh hijau dapat signifikan menurunkanrisiko kanker. Walaupun bukti yang ada belum kuat, efektivitasnya cukup menjanjikan. Peneliti mempertimbangkan bahwa kandungan polifenol yang terkandung pada teh hijau bisa juga membantu membunuh sel kanker dan menghentikan perkembangannya.

6. Membantu menjaga berat badan ideal

Ingat, bukan untuk menurunkan berat badan. Kandungan zat aktif di dalam teh hijau, yaitu EGCG, memang dianggap mampu mengurangi kelebihan berat badan atau obesitas, tetapi hingga kini belum ada buktinya.

Teh hijau hanya membantu Anda menjaga berat badan Anda supaya tetap punya badan yang ideal. Syaratnya, Anda harus menghindari minuman manis berlebihan dan menggantinya dengan teh hijau. Daripada meminum sebotol soda, lebih bagus mengkonsumsi 1 - 3 gelas teh hijau tanpa gula. Dengan begitu, Anda sudah menghilangkan “ 50.000 kalori dalam tubuh dan menurunkan 5 -8 kilogram 9 berat badan. "

Itulah keenam khasiat dari teh hijau. Walau masih banyak sekali manfaatnya yang perlu diteliti lebih lanjut, teh hijau tetap dapat membantu Anda memelihara kesehatan. Oleh karena itu, mulailah secara perlahan ganti mengkonsumsi kopi susu dan boba kekinian Anda dengan minuman sehat seperti teh hijau ini.

6 Cara Konsumsi Teh Hijau Yang Benar

Teh hijau sudah lama dikenali banyak orang sebagai jenis teh yang menyehatkan bagi tubuh Anda. Teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan sangat baik bagi tubuh, juga mempercepat pembakaran lemak, mencegah bau mulut, melindungi kesehatan jantung, dan bahkan memiliki sifat mencegah atau memelihara.

Tetapi, sudahkah Anda konsumsi teh hijau dengan cara yang benar? berikut ini adalah cara kosumsi teh hijau yang tepat.

1. Dua-tiga cangkir per hari

Karena teh hijau adalah minuman 1000x manfaat juga sehat untuk tubuh, bukan berarti Anda secara bebas minum teh hijau ini secara berlebih. Disebabkan teh hijau ini tinggi senyawa antioksidannya seperti tanin dan flavonoid yang apabila dikonsumsi secara berlebiha akan menyebabkan efek samping yang sangat buruh bagi tubuh atau keracunan smpai menyebabkan kerusakan pada hati. Sehingga Anda disarankan untuk konsumsi teh hijau ini hanya 1-3 gelas seharinya.

2. Jangan minum teh saat perut kosong

Selain tinggi akan kandungan zat antioksidannya, juga mengandung kafein seperti pada kopi. Dan jika Anda konsumsi saat perut kosong, akan mengakibatkan dan mengganggu keseimbangan asam dalam perut.

3. Jangan minum teh segera setelah makan

Kebanyakan orang konsumsi teh hijau ini setelah makan tanpa disadari bahwa hal ini akan mengganggu penyerapan nutrisi makanan. Selain itu kebiasaan buruk ini juga dapat meningkatkan produksi asam lambung yang berlebih. Bagusnya, Anda konsumsi teh hijau dengan waktu 45-50 menit setelah makan.

4. Jangan menggunakan teh celup 2 kali

Kantong atau filter teh celup yang telah digunakan dan dibiarkan di ruang terbuka rentan akan serangan bakteri. Oleh karena itu jangan sampai menggunakan teh celup 2 kali bahkan berlebih secara berulang-ulang atau Anda bisa menyeduh dan memasukan teh jenis ini di teko yang tertutup.

5. Jangan minum terlalu pagi

Pagi hari bisa menimbulkan efek buruk bagi hati karena kandungan katekinnya yang tinggi. Teh hijau mempunyai kandungan yang disebut katekin, sehingga jumlah teh hijau yang dikonsumsi harus dikontrol. Konsumsi katekin yang berlebih dapat menyebabkan kerusakan hati. Minum teh hijau di pagi hari sekitar pukul 10.00 hingga 23.00 atau dini hari.

6. Jangan minum obat dengan teh hijau

Banyak orang minum pil dengan secangkir teh hijau di pagi hari. Ini bisa sangat berbahaya karena komposisi kimiawi pil Anda bisa tercampur dengan teh hijau yang menyebabkan keasaman. Oleh karena itu, disarankan agar Anda meminum pil dengan air biasa. 

Waktu Anda memilih untuk minum teh hijau tergantung pada selera pribadi. Sementara pada beberapa orang mungkin menikmati mengkonsumsinya di awal hari atau sebelum berolah raga untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, yang lain mungkin menemukan bahwa itu lebih cocok dengan rutinitas mereka di lain waktu.

Ingatlah bahwa teh hijau mengandung kafein, serta mean - senyawa tertentu yang dapat mengurangi penyerapan mineral utama, jadi sebaiknya hindari meminumnya sebelum tidur atau bersamaan dengan makan.


Demikianlah Artikel 6+ Manfaat Teh Hijau Dan Cara Konsumsi Bagi Kesehatan

Sekian artikel 6+ Manfaat Teh Hijau Dan Cara Konsumsi Bagi Kesehatan kali ini, semoga bermanfaat untuk semuanya. Oke, sampai jumpa di artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 6+ Manfaat Teh Hijau Dan Cara Konsumsi Bagi Kesehatan dengan alamat link https://www.imamdeveloper.my.id/2021/01/ragam-manfaat-teh-hijau.html
Next Post Previous Post
TIDAK ADA KOMENTAR
POSTING KOMENTAR
comment url
close
Subscribe