Sejarah Perkembangan Komputer Secara Singkat

Hallo selamat datang di Imam DevBlogs. Pada Artikel yang anda baca kali ini berjudul Sejarah Perkembangan Komputer Secara Singkat, telah dipersiapkan dengan baik agar Anda dapat membaca dan menerima informasi yang terdapat pada artikel ini. mudah-mudahan konten Artikel Komputer, Artikel Teknologi, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Oke, selamat membaca.
Sejarah Perkembangan Komputer Secara Singkat
Gambar oleh : imamdeveloper.my.id

Sejarah Perkembangan Komputer Secara Singkat

Sejarah perkembangan komputer merupakan hasil peradaban umat manusia yang dulu merasa frustasi karena mengalami kesulitan dalam proses arithmatika seperti menambahkan, mengurangi, dan mengalikan sesuatu.

Adanya alat yang mampu membuat lebih mudah, akurat, dan cepat dalam masalah tersebut merupakan dambaan orang dimasa itu.

Perkembangan dari Abacus, mesin penambah mekanik yang berat sampai ke silikon chip dan kemudian ke magnetic spot yang digunakan dalam perkembangan teknologi disk dari plastik telah menjawab permasalahan diatas. Dengan teknologi tersebut saat ini perhitungan bisa dibuat lebih cepat, lebih baik dan lebih mudah. Diperlukan waktu yang lama untuk membahas secara detail perkembangan komputer sejak awal berkembangnya sampai saat ini, oleh karena itu dalam bahasan kali ini akan dibahas beberapa perkembangan secara singkat.

Awal Perkembangan Komputer


Apa yang terjadi bila dalam kehidupan ini tidak ada angka-angka ? apa pula yang terjadi bila dalam suatu dalam kalimat tidak memilik kata-kata yang mewakili angka-angka ? bagaimana kita menunjukan hasil pengukuran tanpa menggunakan angka ? bagaimana kita bisa membeli dan menjual  atau berdagang ? jadi jelaslah bahwa konsep angka sangat diperlukan dalam peradaban saat ini.

Awalnya masalah angka terbatas hanya kepada membedakan antara satu dan beberapa untuk hasil yang sama. Kemudian, satu dua dan beberapa sebagai perkembangan yang penting. Perkembangan selanjutnya adalah dengan munculnya pemikiran tentang dua hal yang berbeda seperti untuk menunjukan ada 2 kelinci dan 2 pohon. Pemikiran seperti di atas menghasilkan kata-kata atau simbol yang dapat dipahami untuk berkomunikasi dan mencatat dengan menggunakan angka-angka.

 Hasil penggalian yang ditemukan oleh para arkeolog menunjukan bahwa peradaban yang mengawali munculnya perhitungan terjadi sekitar 30.000 tahun yang lalu. Mereka mencatat dengan menggunakan tulang-tulang dan batang pohon.

Perkembangan selanjutnya ditandai dengan munculnya alat bantu menghitung pertama yang berbentuk papan hitung (Counting Board) yang dibuat sekitar tiga ribu tahun yang lalu. Alat ini dianggap sebagai dasar dalam perkembangan cara menghitung tiap kolom papan mewakili posisi digit. 

Tidak seperti perhitungan dengan menggunakan batang, papan penghitung dapat dihapus. Papan penghitung adalah awal dari Abacus. Abacus di China bernama Shipoa sedangkan di Jepang bernama Soroban muncuk di-akhir abad ke XVI. 

Sejalan dengan berubahnya waktu dimana pengaruh para pedagang Eropa dalam perkembangan Internasional semakin besar dan sistem sosial ekonomi menjadi semakin kompleks, saat itu mulai dibutuhkan alat-alat perhitungan yang lebih teratur. Pada tahun 1642 lahir dan seorang ahli matematik asal Perancis bernama Pascal membuat kalkulator mekanik pertama.

Demikianlah Artikel Sejarah Perkembangan Komputer Secara Singkat

Sekian artikel Sejarah Perkembangan Komputer Secara Singkat kali ini, semoga bermanfaat untuk semuanya. Oke, sampai jumpa di artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sejarah Perkembangan Komputer Secara Singkat dengan alamat link https://www.imamdeveloper.my.id/2020/09/sejarah-perkembangan-komputer-secara-singkat.html
Next Post Previous Post
TIDAK ADA KOMENTAR
POSTING KOMENTAR
comment url
close
Subscribe