Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis Lokal dan Internasional

Hallo selamat datang di Imam DevBlogs. Pada Artikel yang anda baca kali ini berjudul Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis Lokal dan Internasional, telah dipersiapkan dengan baik agar Anda dapat membaca dan menerima informasi yang terdapat pada artikel ini. mudah-mudahan konten Artikel Wirausaha, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Oke, selamat membaca.
Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis Lokal dan Internasional
Ilustrasi

STRATEGI PEMASARAN

Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi atas ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran agar dapat memuaskan kebutuhan pelanggan dan perusahaan sekaligus
STP
Segmentasi Pasar (Segmentation)
Proses pembagian pasar kedalam kategori jenis atau segmen pelanggan: Geografis, Demografis, Psikografis, Perilaku.
Memilih Pasar Sasaran (Targeting)
Pelanggan spesifik, golongan atau segmen-segmen yang diinginkan perusahaan untuk menjual produknya. 
Posisi Produk (Positioning)
proses perancangan pesan-pesan dan kebijakan-kebijakan operasi perusahaan yang memposisikan perusahaan dan produk-produknya pada posisi kompetitif yang diinginkan dan terpisah sehingga jelas di dalam  pikiran pelanggan.  

Segmentasi Pasar
-          Segmentasi pasar (pengelompokkan pasar), adalah proses pembagian pasar kedalam kategori jenis atau segmen pelanggan. Terkait :
-          Geografis : dipengaruhi oleh tempat.
-          Demografis : Terkait usia, pendidikan, status perkawinan, suku, agama, pendapatan pertahun, ras, kebangsaan, jenis kelamin.
-          Psikografis : Karakteristik konsumen, seperti gaya hidup, pendapatan, minat, dan sikap.
-          Perilaku : Cara-cara konsumen menggunakan produk, manfaat yang diharapkan dari produk, alasan membelinya, dan kesetiaan mereka terhadap produk tsb

BAURAN PEMASARAN
(MARKETING MIX)
Strategi gabungan empat elemen kunci pemasaran : produk, harga, distribusi, dan promosi, yang digunakan untuk memasarkan produk


STRATEGI
PERLUASAN PEMASARAN PRODUK

-          Penetrasi Pasar (Market penetration) : Menjual lebih banyak produk-produk yang ada di dalam pasar-pasar yang ada.
-          Pengembangan Produk (Product development) : Menciptakan produksi baru untuk pasar-pasar saat ini.
-          Pengembangan Pasar (Market development) : Menjual produk-produk yang ada ke pasar-pasar yang baru.
-          Penganekaragaman (Diversification) : Menciptakan produksi baru untuk pasar-pasar yang baru

Analisa Pesaing
-          Memahami apa yang ada dibenak perusahaan lain dengan cara memetakan semua ide-ide yang tersembunyi untuk masa yang akan datang (jangka panjang).
-          Cara Memperoleh Informasi Pesaing ?
-          Internet, kunjungan personal, berbicara dgn pelanggan, pelajari iklan pesaing, seminar, pameran dagang, dokumen tertulis, data file pesaing. 

Analisa SWOT
SWOT (Strengths = Kekuatan, Weaknesses = Kelemahan, Opportunities = Peluang, Threats = Ancaman).
Matriks SWOT  menerapkan empat strategi bisnis menghadapi pesaing :
   1. Strategi SO
   2. Strategi WO
   3. Strategi ST, dan  4. Strategi WT

STRATEGI
MEMPERTAHANKAN PELANGGAN

-          Kelola atau pelihara tingkat kepuasan konsumen
-          Sederhanakan proses pembelian
-          Tambah daya tarik produk

STRATEGI MENCARI PELANGGAN BARU

Mengambil posisi berhadapan langsung dengan pesaing (head to head positioning). Misalnya, mengembangkan karakteristik khusus pada produk sehingga memiliki kelebihan dibandingkan produk pesaing, menurunkan harga, meningkatkan promosi melalui bauran promosi yang efektif
Mengambil posisi yang berbeda dari yang dilakukan pesaing (differentiated position). Misalnya : inovasi trend warna, direct selling, time sharing, melakukan branding, memberi asesories


Demikianlah Artikel Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis Lokal dan Internasional

Sekian artikel Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis Lokal dan Internasional kali ini, semoga bermanfaat untuk semuanya. Oke, sampai jumpa di artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis Lokal dan Internasional dengan alamat link https://www.imamdeveloper.my.id/2020/08/strategi-pemasaran-dalam-persaingan-bisnis.html
Next Post Previous Post
TIDAK ADA KOMENTAR
POSTING KOMENTAR
comment url
close
Subscribe