Cara Mempromosikan Produk ( Beriklan )

Hallo selamat datang di Imam DevBlogs. Pada Artikel yang anda baca kali ini berjudul Cara Mempromosikan Produk ( Beriklan ), telah dipersiapkan dengan baik agar Anda dapat membaca dan menerima informasi yang terdapat pada artikel ini. mudah-mudahan konten Artikel Tutorial, Artikel Wirausaha, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Oke, selamat membaca.
Cara Mempromosikan Produk ( Beriklan )
Ilustrasi

MEMPROMOSIKAN PRODUK

TUJUAN PROMOSI
- Menyampaikan Informasi
Agar konsumen mengetahui apa yang ingin ditawarkan perusahaan, tentang keberadaan produk atau program baru, keistimewaan produk, cara memperoleh, dan hal lainnya
- Memposisikan Produk
Agar citra produk semakin mantap tertanam dalam benak konsumen
- Nilai Tambah
 Diskon harga atau pemberian hadiah beli satu, gratis satu.
- Meningkatkan Penjualan
Promosi dapat mengubah sepinya pembeli menjadi puncak penjualan produk 

PROSES PEMBELIAN KONSUMEN
·         Mengenali Kebutuhan
·         Mencari Informasi
·         Evaluasi Alternatif
·         Keputusan Membeli
·         Evaluasi Pasca Pembelian
BAURAN PROMOSI
Kombinasi media untuk mempromosikan produk è Periklanan, Penjualan Langsung, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat
 
PERIKLANAN
·         Iklan adalah media promosi yang dibayar oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa kepada publik atau calon pelanggan

1.    Iklan Persuasif (persuasive advertising) è strategi mempengaruhi konsumen melalui kualitas produk agar konsumen mau membeli produk kita, bukan produk perusahaan lain.
2.    Iklan Perbandingan (comparative advertising) è strategi beriklan dengan membandingkan dua produk atau lebih secara langsung.
3.    Iklan Pengingat (reminder advertising) è strategi beriklan untuk mengingatkan ke konsumen tentang keberadaan produk kita


MEDIA IKLAN
MEDIA

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Koran
Cakupan pasar yang luas; harga yang murah; waktu yang singkat untuk beriklan; cakupan pasar lokal yang baik; pemilihan yang selektif berdasarkan geografis

Kualitas gambar yang buruk; rentang waktu yang singkat; halaman yang kusut; persaingan gambar dari media iklan lain

Televisi

Pengaruh yang sangat besar; jangkauan yang luas; menarik dari segi penglihatan, suara, dan gerakan; kesempatan untuk menampilkan secara kreatif; perhatian yang tinggi; membawa hiburan yang lebih

Harga yang tinggi untuk produksi dan waktu siar; kurang dapat memilih pemirsa; waktu persiapan yang lama; kekusutan komersil; pesan yang singkat; sensitif untuk pengendalian; kehilangan keuntungan untuk pilihan media baru

Radio

Harga yang murah; frekuensi tinggi; menengah; sangat mudah dibawa; pemilihan yang selektif berdasarkan geografi dan demografi

Tidak ada gambar; pesan yang singkat; kekusutan komersial; kurang diperhatikan ketimbang televisi; tingkat keterkaitan yang lebih rendah membuatnya lebih mudah untuk berganti frekuensi stasiun

Majalah

Kualitas produk yang tinggi; jangka panjang; pemilihan pasar lokal dan regional; kepemilikan, dan kredibilitas; pembaca yang beragam

Kemungkinan tampilan yang terbats; rentang waktu yang lama antara penempatan dan pencetakan iklan; harga yang tinggi ; kurang meyakinkan dibanding media utama yang lainnya

Internet

Pilihan media yang beragam dan fleksibel dapat memuat iklan lebih meyakinkan dan lebih efektif; dalam beberapa hal, perubahan dan penambahan dapat dibuat lebih cepat dan mudah; halaman situs dapat menampilkan informasi dalam jumlah yang hampir tak terbatas; dapat menjadi personal lebih dari media lainnya melalui kemampuan lajur dan sasaran

Pemecahan pemirsa dengan tigkat yang luar biasa (jutaan situs); peningkatan kekusutan (seperti munculnya iklan); gangguan teknik dapat menghambat tampilan iklan; tidak semudah membawa majalah maupun koran


PENJUALAN LANGSUNG

Penjualan pribadi (personal selling) adalah penjualan melalui proses tatap muka langsung antara penjual dan pembeli. Keuntungannya adalah dapat dibangun hubungan pribadi dan rasa percaya antara pembeli dan penjual,  menjalin komunikasi interpersonal, dan pembeli dapat bertanya banyak perihal produk yang ditawarkan. Kerugiannya, memerlukan biaya yang besar pada setiap kontak  Telemarketing, adalah bentuk penjualan langsung yang menggunakan media telepon. Cara ini dapat menghemat biaya kunjungan dibandingkan dengan penjualan pribadi
 
PROMOSI PENJUALAN

Promosi penjualan (sales promotion) è kegiatan jangka pendek untuk menarik konsumen membeli produk yang ditawarkan, atau bekerjasama dengan distributor dan agen penjualan. 
Dapat berupa è kupon, pajangan, sampel gratis, hadiah, pameran dagang, kontes dan undian.

HUBUNGAN MASYARAKAT

Hubungan masyarakat è tugasnya membangun citra perusahaan yang baik di mata publik, memberi informasi ke publik tentang perusahaan, dan menanggapi atau memberi hak jawab terhadap keluhan, komplain atau serangan negatif pesaing terhadap perusahaan
 Alat PR è Siaran Berita & Konferensi Pers

Demikianlah Artikel Cara Mempromosikan Produk ( Beriklan )

Sekian artikel Cara Mempromosikan Produk ( Beriklan ) kali ini, semoga bermanfaat untuk semuanya. Oke, sampai jumpa di artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mempromosikan Produk ( Beriklan ) dengan alamat link https://www.imamdeveloper.my.id/2020/08/cara-mempromosikan-produk-beriklan.html
Next Post Previous Post
TIDAK ADA KOMENTAR
POSTING KOMENTAR
comment url
close
Subscribe