Cara Memimpin Dan Memotivasi Karyawan

Hallo selamat datang di Imam DevBlogs. Pada Artikel yang anda baca kali ini berjudul Cara Memimpin Dan Memotivasi Karyawan, telah dipersiapkan dengan baik agar Anda dapat membaca dan menerima informasi yang terdapat pada artikel ini. mudah-mudahan konten Artikel Tutorial, Artikel Wirausaha, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Oke, selamat membaca.
Cara Memimpin Dan Memotivasi Karyawan
Ilustrasi

Memimpin dan memotivasi karyawan


M O T I V A S I
MOTIVASI ADALAH SIFAT YANG DIMILIKI SESEORANG TERKAIT DENGAN KEPUASAN KERJA (JOB SATISFACTION) DAN SEMANGAT KERJA (MORALE).
Ø  TERMOTIVASI
Ø  KINERJA MENINGKAT
Ø  TIDAK TERMOTIVASI
Ø   KINERJA TETAP ATAU MENURUN
TEORI MOTIVASI
Ø  Teori Motivasi Klasik ,Pekerja termotivasi semata-mata oleh uang. Dikemukakan oleh Frederick Taylor Dikenal sebagai manajemen ilmiah (scientific management) Menghasilkan penelitian waktu dan gerakan (time and motion studies) Tehnik rekayasa industri bagi efisiensi pekerjaan di perusahaan     
Ø  Teori Perilaku, Produktivitas akan meningkat apabila karyawan diberi perhatian khusus Oleh para peneliti Harvard Para manajer disarankan untuk lebih banyak memperhatikan karyawannya   
Ø  Teori Hierarki Kebutuhan Maslow, Teori motivasi yang mengklasifikasi-kan lima tingkat kebutuhan manusia Dikemukakan oleh Abraham Maslow Kebutuhan yang lebih rendah dari hierarki harus dipenuhi dahulu sebelum kebutuhan pada tingkat yang lebih tinggi. Setiap orang memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda dan termotivasi oleh hal-hal yang berbeda pula.. 
Ø  Teori X, Teori Y, dan Teori Z, Teori X menyatakan bahwa orang-orang pada dasarnya malas dan tidak mau bekerja sama. Karenanya mereka harus dihukum atau diberi imbalan agar menjadi produktif Teori Y  menyatakan bahwa orang-orang pada dasarnya energik, berorientasi ke perkembangan, memotivasi diri sendiri, dan tertarik untuk menjadi produktif  Teori Z merupakan pendekatan kepemimpinan yang menekankan penyertaan karyawan pada semua tingkat dan memperlakukan mereka seperti keluarga (gabungan terbaik teori X dan Y) Teori X dan teori Y => oleh Douglas McGregor Teori Z => oleh William Ouchi
Ø  Teori Dua Faktor, Kepuasan kerja ditentukan oleh dua faktor : hiegienis dan motivasi Dikemukakan oleh Frederick Herzberg Faktor higienis : kondisi tempat kerja Faktor motivator : kesempatan untuk berprestasi dan penghargaan 
Ø  Teori Harapan, Para pekerja melandasi usaha mereka dengan harapan akan kinerja mereka sendiri, harapan akan penghargaan untuk kinerja tersebut, dan nilai dari penghargaan itu. Orang termotivasi bekerja karena ingin mendapatkan imbalan yang mereka inginkan dan percaya mereka mempunyai peluang atau harapan yang masuk akal untuk dapat meraihnya. 
Ø  Teori Keadilan, Orang mengevaluasi perlakuan pemberi kerja terhadap mereka dibandingkan dengan perlakuan pemberi kerja terhadap orang-orang lain Perlakuan adil atau tidaknya akan dilihat dari analisa mereka atas input (waktu, usaha, pendidikan, pengalaman) dan output (gaji, fasilitas, pengakuan, keamanan). Bila merasa tidak diperlakukan secara adil maka suasana kerja akan menjadi tidak kondusif karena karyawan akan mengeluh, kurang semangat, meminta kenaikan gaji, atau meninggalkan pekerjaan mereka.


STRATEGI MEMOTIVASI KARYAWAN
          Modifikasi Perilaku => penerapan sistematis atas penghargaan-penghargaan dan hukuman-hukuman (rewards and punishments) untuk mengubah perilaku karyawan
          Menentukan Sasaran => Kegiatan kolaboratif, berkomunikasi, bertemu, menetapkan sasaran bersama-sama antara manager dan karyawan akan memberikan effek dimana karyawan merasa merupakan bagian penting dari tim/perusahaan dan menjadi kunci bagi meningkatkan kepuasan kerja dan motivasi karyawan
          Partisipasi dan Pemberdayaan Karyawan => membuat karyawan lebih berkomitmen terhadap sasaran organisasi, karena mereka sendirilah yang membantu membentuknya
          Program Pengayaan Pekerjaan => rotasi kerja ke berbagai posisi di dalam perusahaan yang sama akan mengembangkan peluang pertumbuhan untuk menambah satu atau lebih faktor motivasi bagi karyawan
          Program Perancangan Ulang Pekerjaan => untuk mencapai kecocokan yang lebih memuaskan antara para pekerja dan pekerjaan mereka. Dapat memotivasi individu yang sangat menginginkan pertumbuhan karier atau prestasi 

MEMBERIKAN VALUE KEPADA KARYAWAN
Pemimpin sejati harus dapat melahirkan bintang-bintang baru dengan mengkontribusi nilai (value) kepada karyawan dan organisasinya
1.   Apresiasi
2.   Harapan dan Optimisme
3.   Beri Pengetahuan dan Cara-cara Baru
4.   Keteladan
5.   Inspirasi


Demikianlah Artikel Cara Memimpin Dan Memotivasi Karyawan

Sekian artikel Cara Memimpin Dan Memotivasi Karyawan kali ini, semoga bermanfaat untuk semuanya. Oke, sampai jumpa di artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Memimpin Dan Memotivasi Karyawan dengan alamat link https://www.imamdeveloper.my.id/2020/08/cara-memimpin-dan-memotivasi-karyawan.html
Next Post Previous Post
TIDAK ADA KOMENTAR
POSTING KOMENTAR
comment url
close
Subscribe